Setting Domain .co.cc Gratis Ditulis oleh

Bagi mereka yang ingin memiliki domain sendiri untuk web atau blog mereka tetapi tidak ingin membeli domain alias cari yang gratisan, dapat menggunakan domain dari penyedia url/domain redirect seperti www.co.cc dan www.uni.cc. Tetapi jangan terlalu berharap untuk mendapatkan domain dengan .com ekstension atau seperti domain biasanya, mereka hanya menyediakan domain dendan ekstesnion co.cc atau uni.cc.

Misalkan anda mempunyai blog maka anda dapat mempunyai alamat domain bloganda.co.cc, jika anda kombinasikan dengan sebuah hosting yang menyediakan fasilitas email gratis, maka saya dapat memiliki email dengan domain saya, misalkan anda@bloganda.co.cc. Oke, sekarang siapkan sebuah nama untuk domain anda dan cari sebuah web hosting gratis yang ada fasilitas domain, dan kita akan coba buat sebuah domain dengan ekstension co.cc.

Buka www.co.cc*, cek domain yang anda inginkan dan jika domain tersedia segera lakukan registrasi. Setelah proses registrasi selesai segera login dan klik “My Account”, maka akan tampil halaman informasi account anda beserta list domain. Klik edit pada list domain anda untuk melakukan configurasi pada domain tersebut.


Pilih “Manage DNS” untuk setup sebagai domain. Sebelum kelangkah selanjutnya kita harus menetukan pada hosting mana nantinya domain ini ditujukan. Jika anda telah menetukan sebuah hosting dengan fitur domain maka anda dapat langsung memasukkan Name Server dari hosting tersebut pada form Name Server yang disediakan.

Bagi anda yang belum menetukan hosting, maka anda dapat menggunakan hosting gratis pada 000webhost.com*. Hosting ini memiliki banyak fitur dan yang terpenting adalah untuk setiap user mendapatkan file .htaccess yang nantinya akan sangat berguna untuk keperluan permalink atau clean URL pada web/blog anda.

Jika anda menggunakan 000webhost maka isikan Name Server 1 dan Name Server 2 berturut-turut dengan dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com, selanjutnya klik”Setup Domain”. Anda tidak akan langsung dapat menggunakan domain ini, karena perubahan Name Server akan memakan waktu sampai dengan 48 jam.

Berhasil Setup Domain

Selanjutnya informasi berikut ditujukan bagi anda yang menggunakan 000webhost.com* sebagai hosting anda. Daftar pada web tersebut dengan klik pada “Order Now”. Gunakan domain yang telah kita seting sebelumnya pada www.co.cc* pada form dengan judul “I want to host my own domain” dan kosongkan form subdomain.


Jika proses registrasi sudah selesai, maka anda bisa lanjut dengan melakukan configurasi pada account hosting anda. Karena domain anda belum selesai maka proses konfigurasi dilakukan langsung dengan alamat IP hosting anda (Keterangan IP dan user login/password ada dalam halaman account detail).

Berharaplah anda tidak mempunyai permasalahan dengan blocked port, karena konfigurasi pada web host dilakukan pada port 2082. Tetapi seandainya anda mendapat masalah dengan port yang di blok coba baca di sini, mudah-mudahan dapat membantu.





Maklum y.. copy paste gtu...........

1 comments:

  cz@r_cH3ruB....

August 28, 2008 at 12:35 PM

woi bencong